Cara Alami Mengobati Rambut Rontok

Rambut rontok (hair loss) merupakan kelainan yang menyebabkan gangguan fungsi protektif dan kosmetik rambut. Paparan lingkungan seperti sinar matahari, trauma, air dan juga kosmetik rambut yang semakin banyak digunakan saat ini merupakan salah satu penyebab rambut rontok.

Rambut rontok (hair loss) terjadi pada banyak orang, sehingga dapat mengurangi fungsi kosmetik serta perlindungannya terhadap tubuh dan kepala dari lingkungan. Ini tidak mengancam nyawa, tapi memengaruhi kepercayaan diri bahkan dapat menjadi stressor psikologis.

Di United States kejadian rambut rontok menimpa 50 juta orang dan 20 juta di antaranya adalah wanita. Penyebabnya beraneka ragam, digolongkan menjadi endogen yaitu akibat penyakit sistemik, hormonal, status gizi, intoksikasi, maupun kelainan genetik; dan eksogen yaitu berupa stimulus dari lingkungan, maupun kosmetik rambut. Saat ini semakin banyak kosmetik rambut digunakan. 


rambut rontok


Rambut rontok akibat kosmetik dan penataan rambut banyak dijumpai pada wanita Afrika-Amerika. Penggunaan bahan pelurus rambut menyebabkan kerontokan/kerusakan rambut pada 95% penggunanya di Amerika dan 53% di Nigeria.

Beberapa penyebab rambut rontok:
  • Kondisi penyakit yang menyertai misalnya ketidakseimbangan hormon endokrin, diabetes mellitus yang tidak terkontrol,penyakit tyroid,penyakit lupus,penyakit ginjal dan penyakit hati. - Perubahan hormon karena berbagai hal misalnya kondisi tubuh setelah melahirkan, pemakaian pil KB, panas tinggi atau setelah operasi, mengkonsumsi vitamin A dalam dosis yang banyak, berkurangnya berat badan akibat diet yang berlebihan. 
  • Pengobatan tertentu misalnya kemoterapi dan efek samping dari obat-obat yang dikonsumsi misalnya amphetamin, isotretinoin dan lithium. 
  • Gangguan emosional, depresi, dan pemakaian produk rambut yang kandungan kimianya tinggi. 
  • Kekurangan nutrisi misalnya konsumsi makanan yang rendah protein, vitamin dan mineral. 
  • Alopecia areata yang menyebabkan kepala botak dan menghilangkan rambut pada bagian tubuh yang lain, keberadaanya muncul sebagai akibat dari menurunnya sistem kekebalan tubuh.

Rambut rontok yang perlu perawatan:
  1. Androgenetic alopecia, rambut akan terlihat menipis dikepala bagian atas, kanan dan kiri, biasanya menyerang wanita yang telah memasuki masa menopause, juga ada hubungan dengan faktor keturunan, kondisi ini akan menyerang lebih cepat jika ada keluarganya yang mengalami hal ini. 
  2. Alopecia areata, kondisi ini terjadi pada rambut rontok didaerah tertentu sehingga menimbulkan kebotakkan di kulit kepala, tidak hanya menyerang wanita, pria pun bisa terkena dan biasanya menyerang anak kecil dan dewasa muda, meskipun penyebabnya belum diketahui dengan pasti tapi beberapa ahli berpendapat bahwa rambut rontok jenis alopecia areata ini disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang tidak bekerja semestinya.

Bagaimana cara mengatasi rambut rontok?

Bila penyebabnya dari dalam tubuh maka cara terbaik untuk mengatasi rambut rontok adalah dengan terapi hormon.

Bila karena kehamilan yang menyebabkan rambut rontok maka kabar baiknya adalah setelah melahirkan rambut yang rontok akan berhenti dengan sendirinya.

Bila karena penyakit yang menyebabkan rambut rontok maka konsultasikan pada dokter yang merawat anda.

Cara penanganannya yang lain tergantung pada penyebabnya, melakukan transplantasi rambut, menggunakan wig, mengubah model rambut dan cara menyisir, serta melakukan perawatan rambut yang teratur.

Baca Juga: Cara Alami membuat Rambut Sehat dengan Lidah Buaya