Cara Alami menghilangkan Komedo dengan Cepat

Cara menghilangkan Komedo dengan Cepat dan Alami. Komedo adalah pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka atau tertutup. Komedo yang terbuka (Blackhead), terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo yang tertutup (whitehead) memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil. Jerawat jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.

Komedo

Komedo


Penyebab Komedo:

Disebabkan sel-sel kulit mati dan kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit. Bila kita tidak melakukan pengelupasan kulit wajah secara berkala, maka sel-sel kulit mati menumpuk di kulit. Komedo merupakan lesi non inflamasi; sedangkan papul, pustul, nodus, kista adalah lesi inflamasi. Akne mempunyai 3 gradasi, yaitu:

  • gradasi ringan : komedo < 20 atau lesi inflamasi < 15, atau total lesi < 30 
  • gradasi sedang : komedo 20-100, atau lesi inflamasi 15-50, atau total lesi 30-125
  • gradasi berat : kista > 5 atau komedo > 100, atau lesi inflamasi > 50, atau total lesi > 12


Jenis-jenis komedo 

  1. Blackhead adalah jenis komedo yang tampak seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Terjadi ketika pori-pori membesar dan terbuka ke permukaan kulit dan ke kelenjar minyak, lalu teroksidasi oleh udara dan berubah menjadi warna hitam/coklat. Komedo jenis ini adalah komedo yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang. 
  2. Whitehead adalah jenis komedo yang tampak seperti bintik-bintik kecil yang berwarna putih atau kuning. Komedo jenis ini terjadi ketika minyak dan bakteri terperangkap di bawah permukaan kulit lalu mengeras.

sebelumnya blog Andyn Tips juga pernah membahas tentang Cara alami untuk menghilangkan jerawat secara alami dan cepat dan Berikut beberapa cara tradisional dan alami untuk menghilangkan komedo dengan cepat dan ampuh.

1.Musnahkan Komedo dengan Putih telur 

Menghilangkan komedo dengan masker putih telur sangatlah ampuh. Seperti kita ketahui bersama, telur termasuk salah satu sumber protein terbaik, nah kandungan protein inilah yang berkhasiat untuk komedo. Menariknya lagi, masker putih telur juga berguna untuk mengencangkan kulit alami.

Cara tradisional menghilangkan komedo dengan putih telur: 

  • Kocok putih telur seperlunya saja, lebih baik gunakan telur ayam kampung atau bebek agar lebih sehat. 
  • Setelah membusa, campurkan sedikit perasan nipis supaya amisnya tak menyengat. Gunakan kuas untuk mengoleskan keseluruh bagian wajah. Tepat pada bagian komedo, beri pijatan lembut selama 10 detik agar terangkat. 
  • Setelah agak terasa kaku di wajah, bilas masker tadi dengan air hangat. Agar bau amisnya hilang, kamu juga bisa membersihkan dengan facial foam.


2.Hilangkan Komedo menggunakan Uap panas 

Uap panas dapat membantu terbukanya pori-pori wajah. Apabila sudah terbuka, maka komedo dan kotoran di dalamnya akan sangat mudah sekali hilang. Selain menghilangkan komedo, uap juga terbukti ampuh untuk mengatasi kerutan tanda penuaan dini.

Cara menghilangkan komedo dengan uap panas: 

  • Didihkan air bersih secukupnya, usahakan sampai mengeluarkan buih-buih. Tuang air mendidih tersebut ke baskom atau wadah lain. 
  • Dekatkan wajah tepat diatas air panas hingga terkena uapnya. Sambil mendekatkan, gosok perlahan area wajah terutam hidung. 
  • Bilas dengan memakai air dingin sampai benar-benar bersih.


Baca Juga Artikel menarik berikut:
3.Hancurkan Komedo dengan Es batu 

Lho kok es batu sih? Emang mau buat es ya? Hmm, jangan salah es batu tak hanya berguna untuk membuat es segar saja, ia memiliki sifat dingin yang dapat meringkas pori, sehingga mampu meminimalisir keluarnya minyak berlebih di bagian pori wajah.

Cara menghilangkan komedo dengan es batu: 

Siapkan madu, seduhan teh hijau, dan perasan lemon secukupnya. Campur bahan-bahan tadi menjadi satu, kemudian tambahkan sedikit air. Masukan kedalam lemari pendingin sampai membentuk es batu keras. Ambil dan gosokan secara merata ke area komedo. Bila perlu, lakukan sampai es batu tersebut habis.

4.Habiskan Komedo dengan Lidah buaya 

Semua orang tentu sudah tahu manfaat luar biasa lidah buaya untuk rambut. Mulai dari menyuburkan hingga menghitamkan rambut secara alami. Namun lebih dari itu, lidah buaya juga memiliki khasiat ampuh untuk menghilangkan komedo di wajah. Baik komedo hitam ataupun putih, semuanya bisa dibasmi dengan bahan alami satu ini.

Cara alami menghilangkan komedo dengan lidah buaya: 

  • Sediakan lidah buaya segar secukupnya, usahakan baru dipetik. Potong menjadi beberapa bagian, lalu ambil gel didalamnya. 
  • Bersihkan muka kamu dengan sabun khusus agar kotoran tak menghambat. Setelah itu oleskan lidah buaya secara merata, kemudian diamkan sampai kering. 
  • Bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih dan lihat hasilnya.


5.Hilangkan Komedo menggunakan Pepaya 

Dulu saya pernah membahas mengenai manfaat pepaya. Selain bagi kesehatan, ternyata buah kaya serat ini juga baik untuk merawat kulit, termasuk salah satunya menghilangkan komedo di hidung, dahi, dan area wajah lainnya. Bahkan dengan penggunaan rutin, pepaya mengandung vitamin E tinggi yang bisa menjaga kesegaran dan kelembaban kulit alami.

Cara membersihkan komedo dengan pepaya: 

  • Haluskan daging buah pepaya matang sekiranya 1 cangkir. Campur dengan 1 sdt kopi sampai membentuk adonan pasta. 
  • Oleskan merata keseluruh bagian wajah, terutama area komedo. Jangan lupa pijat sebentar agar komedo terangkat. 
  • Diamkan sampai terasa kaku, kemudian bilas air hangat.
Catatan penting: Tetaplah jaga kebersihan kulit wajah dan cuci muka secara teratur..