FITUR PERANGKAT ANDROID

perangkat android

perangkat android

Perangkat Android memiliki fitur perengkat keras dan juga perangkat lunak .

1. fitur perangkat keras android

beberapa fitur perangkat keras didalamnya, yang dapat dimanfaatkan developer dalam membangun aplikasi.

a. Touchscreen 

Perangkat Android memiliki fitur layar sentuh (touchscreen) yang memberikan beberapa kemungkinanan bagi pengguna untuk berinteraksi dengan aplikasi dengan menggunakan jari. Pengguna dapat melakukan swipe, flip, drag, dan pinch untuk zoom. Android juga mendukung multitouch yang berarti keseluruhan layar dapat disentuh dengan satu atau lebih jari pada saat yang bersamaan.

b. GPS 

Sistem operasi Android mendukung GPS yang memungkinkan developer untuk mengakses lokasi pengguna. Contoh aplikasi yang memanfaatkan GPS adalah Aplikasi Peta (Map) yang menunjukkan lokasi pengguna dan memberikan petunjuk untuk menuju suatu lokasi.

c. Accelerometer 

Android mendukung Accelerometer, yaitu perangkat yang digunakan untuk mengukur percepatan. Accelerometer dapat memberitahukan apabila suatu Perangkat Android bergerak, atau terguncang, atau berbalik arah posisinya.

d. SD Card 

Android memiliki fitur yang memungkinkan pengguna atau aplikasi untuk mengakses (menyimpan atau membuka) file pada SD Card. SD Card merupakan media penyimpanan medium yang digunakan Perangkat Android dan beberapa perangkat mobile lain non Android sebagai media penyimpanan. 

2. Fitur Perangkat Lunak Android 

Android memiliki banyak fitur perangkat lunak yang dapat digunakan oleh developer dalam mengembangkan aplikasi. Beberapa fitur populer yang akan dijabarkan disini. 

a. Internet 

Kemampuan akses internet pada Android memberikan banyak keunggulan. Berbagai informasi secara real-time dapat diperoleh dengan mudah dengan internet. Contoh, sebagai pengguna, dapat menggunakan internet untuk melihat jadwal pemutaran film bioskop, cuaca suatu area, jadwal penerbangan dan lainnya. Sebagai developer, dapat menggunakan internet untuk akses secara real-time kepada data, update data. Developer juga dapat menggunakan internet untuk menyimpan berbagai asset untuk kemudian digunakan suatu aplikasi, seperti dilakukan Pandora dan YouTube. Dengan internet dapat dibangun model aplikasi yang disebut client-server computing. Contoh lain, aplikasi peta, mengakses data peta dan GPS dari web server. 

b. Audio dan Video 

Support Sistem operasi Android memungkinkan developer menyertakan audio dan video dalam aplikasi dengan mudah. Berbagai standar format audio dan video didukung. 

c. Contact 

Android memungkinkan akses ke contacs yang tersimpan dapat Perangkat Android. Developer dapat menggunakan fitur ini untuk menampilkan contacts dalam cara baru yang berbeda. Hal lain yang dapat dilakukan adalah membangun aplikasi yang menggabungkan antara contacts dengan GPS, yang memberikan notifikasi kepada pengguna jika pengguna berada di dekat alamat satu contact yang ada. 

d. Security 

Android memungkinkan aplikasi untuk melakukan banyak hal. Akan tetapi Android juga menyiapkan mekanisme keamanan berupa permission berkaitan dengan beberapa tugas. Contoh: Download image dan menyimpannya di SD Card, maka harus disetujui terlebih dahulu permission untuk mengakses SD Card. 

e. Google APIs 

Sistem operasi Android memungkinkan dengan tidak terbatas membuat panggilan telepon, mengorganisasi contacts atau meng-install aplikasi. Developer dapat mengintegrasikan peta (map) ke dalam suatu aplikasi dengan menggunakan Maps API yang mengandung Map Widgets. Berbagai fitur dapat ditambahkan dengan Maps API, antara lain: 
  1. Menampilkan suatu lokasi di peta, 
  2. Mendapatkan panduan navigasi, 
  3. Komunikasi data antara aplikasi dengan clouds.
baca juga dasar-dasar pemrograman android