CARA MENULIS TEXT DENGAN SUARA di NEXUS 7

 NEXUS 7

Di Smartphone NEXUS 7 anda bisa menggunakan suara untuk menulis text dengan cara berbicara. Fitur ini menggunakan Google's speech-recognition service, jadi tablet yang anda punya harus dikoneksikan ke sebuah Wi-Fi network untuk menggunakan fitur ini. 

aplikasi perekam suara
Text yang anda input dengan suara ini langsung ditandai sehingga anda bisa melanjutkan untuk menambah text atau menghapusnya. 


Google's speech-recognition service

Untuk menulis text dengan merekam suara dimana saja anda ingin menginput text tanpa langsung menulis textnya dengan fitur Google's speech-recognition service ini bisa anda gunakan dengan cara seperti di bawah ini: 
  • Tekan kotak text, atau tempat dimana anda akan menulis text sehingga muncul layar keyboard untuk menginput text. 
  • Lalu tekan gambar tombol microphone yang ada di layar keboard. 
  • Setelah gambar tombol microphone sudah anda tekan langsung berbicara sesuai dengan kata-kata yang ingin anda input sebagai text di kotak text. 
Katakan “comma,” “period,” “question mark,” “exclamation mark,” or “exclamation point” untuk menambahkan tanda-tanda baca. 


nexus 7

Ketika anda jeda atau beerhenti sebentar (pause), apa yang telah anda rekam dijelaskan oleh speech-recognition service dan memasukkannya di kotak text yang tersedia. Anda bisa menekan tombol Delete untuk menghapus text yang baru saja di input. Jika anda melanjutkan menulis atau menambahkan text lebih banyak lagi dengan berbicara maka text yang sudah ditandai akan hilang kecuali anda telah menghilangkan tandanya.

Untuk memperbaiki peroses dari input suara anda, Google membolehkan merekam beberapa detik mengingat deraan suara dari sekitar anda dibelakang yang memungkinkan ikut mempengaruhi text input disetiap saat. Sisa rekaman ini didalam perangkat tablet hanya berlalu sebentar dan tidak dikirim ke google. 
settings menu

Untuk mengubah pengaturan speexh tablet anda, masukk ke menu Settings > Personal > Language & input.






 lihat  juga spesifikasi android google nexus 7 

source: android