BAGIAN-BAGIAN CORELDRAW DAN FUNGSINYA

Setelah mengetahui bagian-bagian pada corel draw serta fungsinya yang akan saya sampaikan dibawah ini. Ada baiknya saya menyarankan kepada pembaca untuk mengikuti beberapa latihan menggunakan Corel Draw seperti membuat logo indosat menggunakan corel draw

Pada CorelDRAW X5 telah banyak disempurnakan dalam segala hal, selain itu CorelDRAW X5 juga memberikan keleluasaan pada kita untuk mengubah-ubah/seting layar kerja sesuai dengan kehendak kita sendiri tanpa mengurangi kemampuan dari software tersebut

Bagian-Bagian CorelDraw 


bagian-bagian coreldraw

berikut adalah pengertian singkat serta fungsi dari bagian-bagian yang ada di coreldraw yaitu:

1. Toolbox 

Toolbox berisi icon-icon yang melambangkan piranti-piranti yang dapat dipilih untuk melakukan berbagai pekerjaan desain.

 

 2. Title Bar 

Title bar merupakan judul untuk program yang sedang aktif atau file yang digunakan, yaitu CorelDRAW X5-(Graphic 1).

 

3. Menu Bar 

Menubar berisi perintah-perintah menu, yang terdiri dari 12 menu. Untuk mengoperasikan menu-menu tersebut, klik menu yang dituju atau menggunakan tombol shortcut.

 

4. Toolbar 

Toolbar adalah kumpulan tool-tool yang digunakan untuk mempermudah dan mempercepat kerja. Anda hanya perlu melakukan klik pada toolbar tersebut, tanpa harus membuka perintah menu.

 

5. Drawing Window 

Drawing window merupakan area kosong yang berada di sekitar halaman cetak.Drawing window berguna untuk memodifikasi serta mengatur objek yang Anda buat. Dalam membuat suatu desain sebaiknya lakukan di dalam drawing window ini.

 

6. Property Bar 

Property bar digunakan untuk menampilkan property dan fungsi masing-masing toolbox. 

7. Dockers 

Dockers merupakan area untuk mengoperasikan efek-efek gambar. Anda dapat memunculkan dan menyembunyikan docker sesuai keinginan. 

8. Rulers 

Ruler merupakan fasilitas penggaris yang digunakan untuk mengatur ukuran posisi objek. Ruler terletak secara vertikal dan horizontal. Ruler dapat ditampilkan dan disembunyikan melalui menu View. 

9. Document Navigator 

Document navigator merupakan fasilitas untuk melihat halaman tertentu, berpindah ke halaman lain, dan menyisipkan halaman baru. Document navigator terletak di bagian kiri bawah drawing window.

 

10. Drawing Page 

Drawing page merupakan area kotak yang terletak pada Drawing window. Drawing page merupakan gambaran yang menunjukkan area maksimal yang dapat dicetak oleh printer.

 

11. Status Bar 

Status bar berfungsi untuk menampilkan informasi tentang objek pada halaman aktif. Status bar terletak di bawah Scroolbar Horizontal.

 

12. Navigator 

Navigator merupakan tombol kecil yang terletak di sudut kanan bawah berfungsi untuk melihat display desain dalam bentuk kecil.

 

 13. Color Palette 

Color palette merupakan fasilitas untuk memberi warna pada objek yang dibuat.Color palette terletak di sebelah scroolbar vertical.

untuk latihan dan mengerti bagian dan langkah-langkah penggunaan corel draw.. cobalah mengikuti tutorial Cara membuat logo telkomsel dengan corel draw agar anda bisa lebih mudah mempelajari corel draw.


source:ratsya

2 Responses to " BAGIAN-BAGIAN CORELDRAW DAN FUNGSINYA "

# Silahkan Tinggalkan Komentar Anda dengan Sopan
# Jangan Menyisipkan Link Aktif pada komentar
# Berikan masukan demi perkembangan blog ini.