ANDROID BERKEMBANG PESAT

perkembangan dunia smartphone saat ini sungguh diluar dugaan. perusahaan- perusahaan besar internasional terus berkompetisi mengembangkan inovasi terbaru guna menggenggam pasaran. berbagai perangkat smartphone terus dilaunching terlebih gadget berOs android. 

perkembangan android

Terdapat beberapa alasan mengapa Android berkembang dengan pesat dan kenapa developer sebaiknya membangun Aplikasi Android



a. Market Share 

Developer memiliki kesempatan untuk mengembangkan aplikasi untuk pasar yang relatif baru dan sedang berkembang pesat. Keberadaan Android Market akan menempatkan aplikasi yang dibuat oleh developer langsung kepada pengguna. Pengguna tidak perlu mencari melalui internet untuk menemukan dan meng-install aplikasi yang dibuat oleh developer. Pengguna cukup membuka Android Market yang sudah ter-install di perangkat android pengguna dan mengakses aplikasi yang pengguna butuhkan dan meng-install ke dalam perangkat android pengguna. 

b. Time to Market 

Terdapat Android APIs (Application Programming Interfaces) yang memudahkan developer untuk membangun aplikasi dengan mudah dan waktu yang singkat.  

c. Open Platform 

Sistem operasi Android merupakan platform terbuka. Sehingga tidak merujuk pada suatu perusahaan hardware atau suatu provider. Platform terbuka android memungkinkan perkembangan market dengan sangat cepat, karena semua perusahaan hardware dan provider dapat membuat dan menjual perangkat android. Source code android dapat di akses melalui http://source.android.com, untuk digunakan dan dimodifikasi sesuai kebutuhan perusahaan hardware, provider atau developer aplikasi. 

d. Cross Compatibility 

Android dapat berjalan di berbagai perangkat dengan ukuran dan resolusi layar yang berbeda. Android memiliki fitur yang membantu developer untuk mengembangkan aplikasi yang compatible untuk berbagai perangkat (cross-compatible application). Google memiliki feature detection yang mengatur agar aplikasi yang dikembangkan oleh developer hanya berjalan di perangkat yang compatible. Sebagai contoh, jika suatu aplikasi membutuhkan kamera depan (front-facing camera) maka hanya perangkat android dengan kamera depan yang akan dapat melihat aplikasi tersebut di Android Market. Suatu perangkat android harus mengikuti suatu aturan untuk mendapatkan sertifikat kesesuaian terhadap Android Market untuk memastikan aplikasi dapat berjalan diatasnya, diantaranya keberadaan: (a) Kamera, (b) Kompas, (c) GPS (Global Positioning System), (d) Bluetooth Transceiver

e. Mashup Capability 

Mashup Capability merupakan kemampuan untuk mengkombinasikan dua atau lebih layanan untuk mengembangkan suatu aplikasi. Sebagai contoh, developer dapat membuat mashup dengan menggunakan kamera dan GPS, sehingga terbangun aplikasi pengambilan photo dengan dilengkapi secara tepat lokasi pengambilannya. Beberapa contoh lain mashup yang mungkin dikembangkan dalam suatu aplikasi, yaitu: 
  1. Geolocation dan Social Networking --> Suatu aplikasi yang secara otomatis melakukan tweet posisi pengguna setiap 10 menit. 
  2. Geolocation dan Gaming --> Location-based gaming merupakan model game yang saat ini popular. Game memiliki background services untuk mengecek posisi pengguna dan membandingnya dengan posisi pengguna yang lain di area yang sama. Jika jarak antara pengguna kurang dari 1 km misal, maka akan diberikan notifikasi dan memungkinkan mereka untuk bertarung melalui game tersebut.
lihat juga dasar-dasar pemrograman android