Perawatan Kanker Payudara pada Wanita

Setelah kanker payudara telah didiagnosis, langkah berikutnya adalah menentukan seberapa besar tumor dan seberapa jauh kanker telah menyebar. Proses ini disebut stadium. Dokter menggunakan Tahapan 0-4. Untuk menggambarkan apakah kanker terlokalisasi payudara, telah menginvasi kelenjar getah bening di dekatnya, atau telah menyebar ke organ lain, seperti paru-paru. Mengetahui tahap dan jenis kanker payudara akan membantu tim perawatan kesehatan Anda merumuskan strategi pengobatan. 
kanker payudara


Tingkat ketahanan Kanker Payudara 

Tingkat ketahanan Kanker Payudara
Kemungkinan bertahan hidup kanker payudara sangat terkait dengan seberapa dini ditemukan. Menurut American Cancer Society, 100% dari wanita dengan kanker payudara Tahap 1 hidup setidaknya lima tahun, dibandingkan dengan wanita tanpa kanker - dan banyak perempuan di kelompok ini tetap bebas kanker untuk selamanya. Pada Kanker tahap lanjutan, angka ini menjadi semakin rendah. Pada Tahap 4, tingkat kelangsungan hidup lima tahun relatif menurun sampai 20%. Tapi tingkat ini dapat meningkat sebagai akibat ditemukan pengobatan yang lebih efektif. 

Bedah Kanker Payudara 

bedah kanker payudara
Ada banyak jenis operasi kanker payudara, dari mengambil daerah sekitar benjolan (lumpectomy atau konservasi payudara operasi) untuk menghilangkan seluruh payudara (mastectomy). Hal terbaik adalah membahas pro dan kontra dari masing-masing prosedur dengan dokter Anda sebelum memutuskan apa yang tepat untuk Anda. Terapi Radiasi untuk Kanker Payudara Terapi radiasi menggunakan sinar berenergi tinggi untuk membunuh sel kanker. Ini dapat digunakan setelah operasi kanker payudara untuk menghapus sel-sel kanker yang tetap. Hal ini juga dapat digunakan bersama dengan kemoterapi untuk pengobatan kanker yang telah menyebar ke bagian lain dari tubuh. Efek samping bisa termasuk kelelahan dan pembengkakan atau rasa terbakar sinar matahari pada area yang dirawat. 

Kemoterapi untuk Kanker Payudara 

kemoterapi kanker payudara
Kemoterapi menggunakan obat-obatan untuk membunuh sel-sel kanker mana saja di tubuh. Obat yang sering diberikan oleh IV, tapi kadang-kadang diambil melalui mulut atau 'ditembak'. Kemoterapi dapat dilakukan setelah operasi untuk menurunkan kemungkinan kanker datang kembali. Pada wanita dengan kanker payudara stadium lanjut, kemoterapi dapat membantu mengontrol pertumbuhan kanker. Efek samping mungkin termasuk rambut rontok, mual, kelelahan, dan risiko lebih tinggi terhadap infeksi. 

Terapi Hormon untuk Kanker Payudara 

terapi hormon
Terapi hormon adalah pengobatan yang efektif bagi wanita dengan kanker payudara ER-positif atau PR- positif. Terapi ini untuk kanker yang responnya tumbuh lebih cepat akibat hormon estrogen atau progesteron. Terapi hormon dapat memblokir efek ini. Hal ini paling sering digunakan setelah operasi kanker payudara untuk membantu menjaga kanker dari datang kembali. Hal ini juga dapat digunakan untuk mengurangi kemungkinan pengembangan kanker payudara pada wanita yang beresiko tinggi. 

Obat yang ditarget untuk Kanker Payudara 

Obat yang ditarget untuk Kanker Payudara
Target terapi adalah obat baru yang menargetkan sifat tertentu dalam sel kanker. Sebagai contoh, perempuan dengan HER2-positif kanker payudara memiliki terlalu banyak protein yang disebut HER2. Terapi bertarget dapat menghentikan protein ini dari peningkatan pertumbuhan sel kanker. Obat ini sering digunakan dalam kombinasi dengan kemoterapi. Obat ini cenderung memiliki efek samping lebih ringan dibandingkan dengan kemoterapi. Kehidupan Setelah Diagnosis Tidak ada keraguan bahwa kanker adalah pengalaman yang mengubah hidup. Perlakuan bisa melelahkan Anda. Anda mungkin memiliki kesulitan mengelola tugas sehari-hari, pekerjaan, atau acara sosial. Hal ini dapat menyebabkan perasaan terisolasi. Sangat penting untuk menjangkau teman dan keluarga untuk dukungan. Mereka mungkin bisa pergi dengan Anda untuk perawatan, membantu dengan pekerjaan, atau hanya mengingatkan Anda bahwa Anda tidak sendirian. Banyak orang memilih untuk bergabung dengan kelompok pendukung - baik secara lokal atau online . 

Rekonstruksi Payudara 

Rekonstruksi Payudara
Banyak wanita yang payudaranya dibuang memilih utk menjalani operasi rekonstruktif. Ini menggantikan kulit, puting, dan jaringan payudara yang hilang selama mastektomi. Rekonstruksi bisa dilakukan dengan implan payudara atau dengan jaringan dari tempat lain dalam tubuh Anda, seperti perut. Beberapa wanita memilih untuk memulai rekonstruksi pada waktu yang sama seperti mastektomi mereka. Tapi itu juga mungkin untuk memiliki operasi rekonstruktif beberapa bulan atau beberapa tahun kemudian. 

Pembentukan payudara 

Pembentukan payudara
Sebuah alternatif untuk rekonstruksi payudara yang akan cocok untuk bentuk payudara. Ini adalah payudara berbentuk prostesis yg sesuai di dalam bra Anda. Mengenakan bentuk payudara memungkinkan Anda untuk terlihat seimbang saat Anda berpakaian - tanpa menjalani operasi tambahan. Seperti bedah rekonstruksi, pembentukan payudara sering dibahas oleh asuransi. 

Kanker Payudara: Mengapa Saya? 

Faktor risiko yang paling jelas untuk kanker payudara adalah wanita. Pria mendapatkan penyakit itu juga, tapi itu adalah sekitar 100 kali lebih umum pada wanita. Faktor-faktor risiko atas termasuk menjadi di atas usia 55 atau memiliki kerabat dekat yang memiliki penyakit ini. Namun perlu diingat bahwa sampai 80% dari wanita dengan kanker payudara tidak memiliki riwayat keluarga yang berpenyakit. 

Gen Kanker Payudara 

Beberapa wanita memiliki risiko yang sangat tinggi terkena kanker payudara karena mereka mewarisi perubahan dalam gen tertentu. Gen yang paling sering terlibat dalam kanker payudara yang dikenal sebagai BRCA1 dan BRCA2. Wanita dengan mutasi dalam gen memiliki hingga 80 persen peluang terkena kanker payudara pada beberapa titik dalam hidup. Gen lain mungkin terkait dengan risiko kanker payudara juga. 

Faktor Risiko yang dapat Anda Kontrol 

Kelebihan berat badan, berolahraga terlalu sedikit, dan minum lebih dari satu gelas minuman beralkohol per hari dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Pil KB dan beberapa bentuk terapi hormone postmenopause juga dapat meningkatkan risiko Anda. Tapi risiko kembali ke normal setelah obat ini dihentikan. Di antara yang selamat, pilihan gaya hidup yang baik dapat membantu. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa aktivitas fisik dapat membantu menurunkan risiko kekambuhan dan terbukti merupakan pendorong semangat.

0 Response to "Perawatan Kanker Payudara pada Wanita"

Post a Comment

Left your comments here without SPAM and No Live Link !!